Minggu, 15 Januari 2017

Istilah-istilah dalam Teater

Dalam teater banyak istilah-istilah asing yang jarang kita dengar. Berhubung saya pernah masuk dalam eskul Teater,tidak banyak ilmu yang saya dapat,tapi disini saya akan coba menjelaskan tentang istilah-istilah dalam teater

Adegan : Bagian dari babak yang menggambarkan satu suasana.
Gestur : Gerakan tangan,kepala,dan bagian tubuh yang pada umumnya di lakukan oleh pemain.
Akting : Tingkah laku yang di mainkan oleh pemain sebagai wujud penghayatan suatu peran.
Aktor : Orang yang melakukan peran.
Blocking : Gerak atau perpindahan pemain dari sisi panggung ke sisi panggung lainnya.
Dialog : Percakapan yang dilakukan pemain.
Intonasi : Irama bicara pemain yang jelas.
Improvisasi : Gerakan atau ucapan yang tidak terencana untuk menghidupkan cerita.
Skenario : Alur cerita yang di buat untuk di mainkan oleh pemain.
Tempo : Cepat lambatnya ucapan yang di lakukan pemain.
Wings : Bisa di sebut kejomplangan dalam panggung, jumlah pemain yang tidak sama di sisi-sisi panggung.
Streching : Pemanasan yang dilakukan sebelum memulai penampilan.
Mediasi : Kegiatan yang dilakukan untuk mengeluarkan uneg-uneg pemain sebelum penampilan.

Istilah-istilah itulah yang saya dapat selama saya menjalani eskul teater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar